✅ Cara Belajar Main Saham Bagi Pemula

Cara Belajar Main Saham Bagi Pemula – Bermain saham memang sangat menjanjikan saat ini. Namun untuk bisa mendapatkan profit terbaik, ada teknik teknik khusus yang bisa diaplikasikan. Bagi pemula, bermain saham haruslah bersabar dan tidak boleh terburu buru ketika ingin mengambil keputusan. Hal ini dikarenakan bermain saham berhubungan erat dengan dana yang anda investasikan.

Saham sendiri merupakan salah satu instrumen investasi untuk jangka panjang, biasanya diatas 5 tahun, agar menghasilkan profit yang besar. Hal ini bukan berarti anda bisa membeli saham secara asal asalan dan menunggu 5 tahun dari sejak anda membeli saham tersebut. Anda perlu memperhatikan banyak hal sebelum membeli suatu saham.

Cek  ✅ 5 Aplikasi Trading Saham Terbaik 2021

Cara Mudah Belajar Saham

Banyak cara yang bisa dilakukan bagi pemula. Namun dalam belajar bermain saham, hal terpenting merupakan kecerdasan emosi dimana para pemain saham haruslah orang yang bisa mengendalikan emosi masing masing. Semakin baik anda dalam mengatasi ketakutan dan rasa serakah anda, dijamin profit yang anda terima akan besar.

Jika anda sudah yakin ingin mulai bermain saham. Berikut ini adalah cara belajar main saham apabila anda adalah seorang pemula :

Pahami Investasi Saham Dengan Baik

Cara mudah belajar bermain saham bagi pemula adalah dengan memahami instrumen investasi dengan baik. Kebanyakan dari pemula memiliki mindset bahwa dengan bermain saham maka akan menghasilkan keuntungan yang besar. Padahal dilapangan tidak demikian, bahkan anda bisa mengalami kerugian secara kontinyu jika anda tidak memahami saham dengan cermat.

Cek  ✅ 3 Aplikasi Terbaik Untuk Beli Reksadana, Cek Sebelum Memulai !

Satu hal yang harus selalu anda ingat tentang instrumen investasi adalah, semakin besar keuntungan yang diperoleh maka akan semakin besar resiko yang diterima. Main saham juga memiliki resiko yang sangat tinggi karena pergerakan harga yang cepat dan tidak stabil. Oleh karena itu, anda memerlukan strategi yang tepat dalam menganalisa saham.

Bagi pemula, kesabaran adalah hal yang sangat penting selain dari pengetahuan tentang analisa saham. Belajarlah untuk mengendalikan emosi anda agar anda tidak mengalami kerugian dikemudian hari.

Hal hal tersebut merupakan hal dasar yang perlu anda pahami.

Menggali Informasi

Ketika anda belajar bermain saham, anda perlu untuk menggali informasi lebih dalam mengenai emiten saham tersebut. Informasi yang bisa anda gali dapat berupa berita, laporan keuangan dari emiten tersebut atau sentimen lainnya.

Ada baiknya jika anda memiliki komunitas tersendiri ataupun mentor yang bisa mengajari anda bermain saham. Selain itu, anda perlu juga belajar teknikal ketika bermain saham. Maksudnya adalah, anda perlu belajar bagaimana menganalisa suatu emiten dengan teknik teknik yang ada.

Ada beberapa teknik yang bisa anda pelajari seperti teknik analisa fundamental dimana anda menganalisa pondasi atau fundamental dari perusahaan pemegang emiten. Anda juga bisa menggunakan teknik lain seperti bandarmology dimana anda ikut masuk dalam suatu emiten ketika bandar sedang menggoreng suatu emiten.

Selain teknik teknik tersebut, anda juga bisa menganalisa dengan cara melihat pola atau pattern dari suatu emiten saham. Biasanya emiten akan mengikuti pola yang sudah terbentuk sebelumnya. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui istilah istilah ketika suatu pola terbentuk seperti Bullish, Bear dan masih banyak lagi.

Cek  ✅ Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah 2021
Cara belajar main saham bagi pemula
Contoh Pattern atau Pola

Gunakan Modal Dengan Bijak

Cara belajar main saham bagi pemula selanjutnya adalah gunakan modal dengan baik serta bijak. Tidak dapat dipungkiri pasti ketika ada orang yang ingin belajar bermain saham, modal yang digunakan masihlah kecil. Oleh karena itu, manajemen modal sangat lah diperlukan.

Cek  ✅ Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

Kini, bermain saham dapat dimulai bahkan dari Rp 10 ribu saja. Kemudahan inilah yang nantinya akan menjadi keuntungan ketika anda sudah bisa melakukan manajemen modal. Perlu diingat bahwa setiap keuntungan yang anda dapat selalu sejalan dengan modal yang anda keluarkan. Jangan sampai anda terlena sehingga anda mengeluarkan modal yang melebihi kemampuan finansial anda.

Beli Ketika Harga Rendah

Konsep ini dasarnya sama dengan ketika anda berjualan, selalu beli dengan harga rendah. Dalam membeli saham, biasakan untuk membeli ketika emiten tersebut sedang rugi. Hal ini memang sulit karena secara psikologi kita akan lebih cenderung memilih saham yang sedang untung dengan harapan keuntungan tersebut akan naik berkali lipat.

Cek  ✅ Cara Membuka Situs Yang Diblokir Terlengkap

Dalam dunia saham, konsep ekonomi supply & demand juga berlaku, oleh karena itu ketika saham banyak dibeli maka harga akan naik. Analogi ini sejalan dengan teknik analisa Bandarmologi.

Namun, anda perlu berhati hati juga, harga saham yang terus mengalami penurunan bisa menjadi pertanda yang kurang baik bagi emiten tersebut. Selalu lihat trend atau pola emiten saham. Jika mengalami trend penurunan maka sebaiknya anda tidak membeli emiten tersebut.

Incar Perusahaan Yang Stabil

Cara belajar main saham bagi pemula selanjutnya adalah dengan membaca prospektus perusahaan dengan benar. Mudahnya, pastikan anda mengincar perusahaan yang sudah terkenal oleh masyarakat / produknya banyak digunakan oleh masyarakat.

Cek  ✅ Begini Cara Buat 2 Akun Whatsapp di 1 Ponsel

Mengapa demikian ? Karena dengan demikian maka dapat dipastikan perusahaan tersebut sangat benefit serta memiliki laporan keuangan yang stabil. Jika perusahaan tersebut mencetak laba yang terus tumbuh, kemungkinan anda untuk mendapatkan dividen atau pembagian keuntungan pun meningkat.

Selain itu, perusahaan yang benefit dan stabil biasanya akan mampu bangkit ketika harga saham mereka mengalami penurunan, istilahnya adalah bounce back.

Pantau Pergerakan Ekonomi Indonesia

Terakhir, selalu pantau pergerakan ekonomi Indonesia bahkan luar negeri. Pergerakan ekonomi juga turut memiliki andil pada pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia. Contohnya ketika pandemi C19 baru muncul di Indonesia. Banyak harga saham yang mengalami penurunan dikarenakan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG mengalami penurunan ke titik 4000an. Pada saat saat seperti inilah kecerdasan anda dalam mengatur emosi memiliki peran yang sangat tinggi.

Cek  ✅ Cara Download Video FB di HP Terlengkap

Jika anda adalah seorang investor dan mengalami kondisi seperti contoh. Kira kira apa yang akan anda lakukan ? Apakah anda akan menarik semua investasi anda, anda hanya menunggu pergerakan ekonomi yang membaik ataukah anda justru akan semakin menambah instrumen investasi anda ?

Silakan anda jawab sendiri !

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Bagaimana Cara Bermain Saham Online ,Cara Menganalisa Saham Yang Baik ,Cara Memulai Saham Bagi Pemula ,Cara Main Pasar Saham ,Cara Bermain Saham Reksadana ,Cara Bermain Saham Online ,Cara Bermain Saham Di Bibit ,Cara Bermain Saham Di Ajaib ,Cara Beli Saham Pemula ,Cara Belajar Saham ,Cara Belajar Analisa Saham,Bagaimana Cara Bermain Saham Pemula ,Cara Nabung Saham

Leave a Reply

Your email address will not be published.