✅ Cara Analisa Saham Terlengkap, Auto Jarang Cut Loss

Cara Mudah Menganalisa Suatu Saham – Dalam saham, analisa adalah hal yang sangat dasar yang perlu dilakukan oleh investor sebelum memutuskan untuk membeli suatu emiten saham. Dengan analisa, baik investor maupun trader menjadi lebih terarah serta dalam penentuan jual beli saham.

Pada dasarnya, ada dua jenis analisa saham yang bisa anda pelajari yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal. Kedua analisa ini sangatlah bermanfaat bagi anda yang berinvestasi untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Cek  ✅ 5 Aplikasi Trading Saham Terbaik 2021

Lewat analisa, anda akan bisa menentukan seberapa baik dan juga memprediksi sejauh mana profit atau loss yang bisa anda dapat dalam suatu emiten saham.

Secara sederhana, analisa saham memiliki arti yaitu pembedahan dan penelahaan suatu emiten saham atau perusahaan tertentu untuk melihat potensi dan prospek masa depan perusahaan dengan menilai kinerjanya selama perusahaan berdiri.

Analisa saham bertugas untuk membuat gambaran besar apakah perusahaan akan memiliki kinerja yang lebih baik sehingga mampu tumbuh dan berkembang dikemudian hari. Atau justru malah akan mengalami penurunan kinerja dan collapse suatu saat nanti.

Cek  ✅ Cara Belajar Main Saham Bagi Pemula

2 Cara Analisa Saham, Buruan Belajar Biar ga Cut Loss

Sebelum melakukan analisa saham, ada dua metode atau cara atau pendekatan yang bisa anda lakukan. Cara tersebut adalah analisa saham dengan metode fundamental serta metode teknikal. Apa perbedaanya  ? Berikut adalah selengkapnya

Analisa Fundamental

Cara analisa saham yang pertama adalah dengan menggunakan analisa fundamental. Apa itu analisa fundamental ? Analisa fundamental sendiri sebenarnya bersifat umum karena lebih berfokus kepada kinerja suatu perusahaan.

Hal hal yang biasanya menjadi pertimbangan dalam melakukan analisa fundamental adalah seperti sentimen yang bisa menggerakkan harga suatu emiten saham. Bisa juga kinerja keuangan perusahaan terkait, persaingan atau kompetitor, potensi industri hingga kondisi ekonomi Indonesia baik mikro maupun makro.

Cek  ✅ Cara Belajar Trading Untuk Pemula

Analisa ini lebih cocok jika digunakan untuk investasi jangka panjang. Ada dua pendekatan yang bisa anda pelajari yaitu top-down dan bottom-up. Berikut penjelasannya.

Top-Down Analisa

Prinsip dari analisa ini adalah apabila perusahaan memiliki kinerja yang baik secara umum, maka komponen perusahaan juga dapat dianggap baik. Dengan begini, investor bisa memiliki gambaran secara umum mengenai kinerja suatu perusahaan.

Cek  ✅ 3 Aplikasi Terbaik Untuk Beli Reksadana, Cek Sebelum Memulai !

Empat poin yang menjadi pertimbangan antara lain :

  • Kondisi makro ekonomi global
  • Kondisi makro ekonomi Indonesia
  • prospek pertumbuhan
  • Fundamental perusahaan

Simpelnya, jika 4 poin tersebut bermakna positif, maka disimpulkan perusahaan tersebut memiliki prospek yang bagus kedepannya.

Bottom-Up Analisa

Analisa Bottom-Up sendiri merupakan kebalikan dari analisa Top-Down. Secara konsep, sebagai seorang investor, anda perlu melihat dengan rinci kondisi perusahaan tersebut dimulai dari laporan keungan, daya saing perusahaan, produk perusahaan dan lain lain.

Cek  ✅ Catat ! Ini Dia Alasan Kenapa Harus Mulai Investasi Dari Sekarang

Pendekatan ini baiknya seharusnya dilakukan oleh investor ketika investor membutuhkan data lebih tentang kinerja suatu perusahaan.

Analisa Teknikal

Cara analisa saham yang kedua adalah dengan menggunakan analisa teknikal. Apa itu analisa teknikal ? Seperti namanya, anda perlu pendekatan yang lebih teknis dibandingkan dengan analisa fundamental yang menganalisa secara garis besar kinerja perusahaan.

Pada dasarnya, analisa teknikal adalah analisa secara langsung di pasar saham dengan bantuan perangkat statistik seperti grafik harga serta rumus matematis yang ada. Analisa teknikal dilakukan agar investor bisa melihat potensi pasar berdasarkan historis atau sejarah pergerakan suatu emiten saham.

Pergerakan historis serta komponen pendukung lainnya dalam melakukan analisa teknikal biasanya dapat anda temui di setiap aplikasi saham tergantung di broker mana anda mendaftar dan membuat akun saham milik anda.

Analisa teknikal juga sama bergunanya bagi investor maupun trader. Bagi investor, analisa teknikal akan memberikan bantuan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian saham sedangkan bagi trader, analisa teknikal bisa dipakai sebagai pedoman dalam memilih saham yang berpotensi profit dalam waktu yang singkat.

Cara analisa saham teknikal ini memiliki peran tersendiri terutama sebagai alat yang menunjukkan investor tentang harga saham, trend, support serta resistance suatu emiten saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published.