Cara Aman Overclock CPU Bagi Pemula

Cara Aman Overclock CPU Bagi Pemula – Intel dan AMD merupakan salah satu perusahaan terbaik dalam memproduksi CPU. Bahkan kedua perusahaan ini menjadi perusahaan yang CPU nya banyak dipakai berbagai brand untuk PC atau laptop milik mereka.

Bahkan, kedua perusahaan ini bisa disebut sebagai Benchmark bagi para entusias PC. Berdasarkan hal tersebut, melakukan Overclocking menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh pengguna. Namun banyak pengguna yang tidak tahu bagaimana cara aman Overclock CPU bagi pemula.

Melakukan Overclock pada CPU sendiri berarti mendorong CPU bekerja lebih keras dan kuat agar mendapatkan performa yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Dan dalam artikel kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara overclock CPU secara aman bagi pemula untuk CPU Intel atau AMD.

Cek  Cara Sembunyikan Aplikasi di Android, Dijamin Works No Root!

Cara Aman Overclock CPU Bagi Pemula, Persiapan !

Berbeda dengan prosesor HP, prosesor pada PC atau laptop bisa melakukan Overclock untuk mendukung performa yang lebih baik. Oleh karena itu, kamu wajib tahu cara memilih prosesor HP terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sebelum melakukan Overclock pada CPU, satu hal yang harus kamu pahami adalah apakah CPU yang kamu pakai mendukung untuk melakukan proses Overclock. Jika tidak, lebih baik kamu tidak memaksakan hal tersebut.

Hal ini bukan tanpa alasan, dengan melakukan pemaksaan pada Overclock CPU berarti membuat CPU menjadi lebih cepat serta rentan rusak. Alangkah baiknya kamu memikirkan baik baik hal ini.

Secara garis besar, CPU Intel dapat melakukan Overclock apabila memiliki suffix “K” didalamnya. Biasanya terdapat pada i5, i7 dan i9 namun jarang ditemui di generasi i3.

Selain K, ada juga chip dengan kode “KF” yang juga bisa melakukan Overclock. Namun kelemahannya adalah di bagian GPU itu sendiri.

Sedangkan untuk AMD, beberapa generasi dari prosesor termasuk Ryzen seri 5000 dapat melakukan Overclock.

Menurut penulis website XDA Developers, mereka sangat tidak menyarankan untuk melakukan Overclock pada CPU yang tidak mendukung proses ini. Bahkan Intel sendiri baru baru ini melarang proses Overclock pada CPU tanpa suffix “K”.

Cek  ✅ Download Aplikasi Cek Bansos, Daftar Disini Untuk Dapat Bansos

Selanjutnya, hal yang diperlukan adalah Motherboard yang juga mendukung proses Overclock. Dalam kasus ini, CPU Intel dengan prefix “Z” adalah satu satunya model yang mendukung Overclock secara penuh.

Selain Motherboard, kamu juga perlu menyiapkan sebuah chip-cooler yang memiliki kualitas baik agar proses Overclock bisa berjalan dengan baik. Chip-cooler sendiri berfungsi untuk mengatasi masalah panas yang mungkin muncul akibat Throttling atau Thermal Output ketika proses berjalan.

Terakhir, kamu perlu melakukan evaluasi pada penggunaan daya pada CPU kamu. Kamu juga perlu menyediakan power supply units terbaik agar proses Overclock dapat berjalan dengan baik.

Cara Aman Overclock CPU : Prosesor Intel

Pada kali ini, tools yang digunakan untuk melakukan Overclock adalah Extreme Tuning Utility (XTU) dari Intel sendiri.

Toolsnya dapat didownload pada tombol yang kami sediakan.

Lihat XTU Tools

Performa dan Temperatur Awal

Hal pertama dalam cara aman Overclock CPU bagi pemula adalah dengan mengetahui performa dan temperatur dasar / awal dari CPU milik kamu terlebih dahulu.

Hal ini berfungsi agar kamu bisa mengetahui apakah hasil akhir dari proses Overclock berhasil meningkatkan performa dan kinerja CPU kamu.

Cara Aman Overclock CPU bagi Pemula
Benchmark pada prosesor Intel

Caranya adalah dengan memilih opsi “Run Benchmark” pada tab Benchmarking untuk mengetahui satu atau berbagai macam hal tentang CPU kamu seperti Frekuensi dan temperatur maksimum.

Cek  ✅ Aplikasi Cek Bansos dari Kemensos Resmi Rilis

Kamu akan tahu berapa score akhir dari CPU kamu pada proses akhir test dan hal tersebut lah yang bisa kamu jadikan sebagai patokan atau performa dasar CPU kamu.

PENTING ! Jika temperatur CPU kamu sudah melebihi 80 derajat Celcius, alangkah baiknya bagi kamu untuk tidak melanjutkan proses ini tanpa melakukan upgrade pada cooler yang kamu miliki.

Melakukan Basic Tuning dengan XTU Tool

Cara Aman Overclock CPU bagi Pemula
Basic Tuning

Basic Tuning sendiri berfungsi untuk mengatur serta membatasi beberapa parameters yang ada. Pada Basic Tuning, kamu bisa melihat bar “Processor Core Ratio” dan “Processor Cache Ratio”.

  • Processor Core Ratio : Mengatur frekuensi sebuah part di CPU yang terhubung dengan Core Processors.

Kamu bisa menggeser bar tersebut secara signifikan hanya dengan sedikit sentuhan. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan sebanyak 1x dari nilai awal, lakukanlah reboot dan cek kestabilan CPU sebelum menambahkan lagi.

Alangkah baiknya untuk menambahkan jumlah yang sama pada kedual hal tersebt agar prosesor lebih stabil, namun kamu juga bisa melakukan eksperimen sendiri selama kamu tidak melakukan penambahan secara drastis.

Melakukan Advance Tuning dengan XTU Tool

Cara Aman Overclock CPU bagi Pemula
Advance Tuning

Cara aman Overclock CPU bagi pemula selanjutnya adalah dengan melakukan Advance Tuning. Advance Tuning sesuai dengan namanya adalah melakukan pengaturan parameter dengan lebih detail serta memberikan lebih banyak opsi.

Opsi yang diberikan dalam melakukan Advance Tuning antara lain adalah melakukan setting pada Core processor, Vcore dan lain sebagainya.

Melakukan pengaturan pada Vcore sangat krusial bagi Overclock karena CPU membutuhkan daya yang lebih banyak untuk membuat performa lebih cepat dan stabil.

Cek  Trik Melihat Jawaban Kuis di Google Form

Namun melakukan Advance Tuning tidaklah dianjurkan apabila kamu adalah pengguna baru dalam melakukan Overclock CPU. Basic Tuning saja sudah cukup dalam meningkatkan performa CPU dalam hal ini Overclock.

Cara Aman Overclock CPU : Prosesor AMD

Secara garis besar, untuk melakukan prsoes Overclock pada prosesor AMD, diperlukan sebuah software. Namun software yang digunakan tentu berbeda karena keduanya merupakan perusahaan yang juga berbeda.

Software yang digunakan untuk melakukan proses Overclock pada prosesor AMD adalah AMD Ryzen Master Tool yang bisa kamu download pada tombol dibawah ini.

Lihat AMD Ryzen Master Tools

AMD Ryzen Master Tools sebenarnya bisa digunakan dibanyak prosesor AMD. Namun bagi prosesor yang rilis sebelum 2017 sangat dianjurkan untuk menggunakan AMD Overdrive Tools saja. Untuk langkahnya, hampir sama.

Performa dan Temperatur Dasar

Cara aman Overclock CPU bagi pemula khusus prosesor AMD yang pertama adalah mengetahui performa dasar serta temperatur dari CPU itu sendiri. Hal ini mirip dengan prosesor Intel.

Selain tools AMD Ryzen Master, kamu juga memerlukan Ryzen Master’s built-in stress test atau mendownload aplikasi pihak ketiga seperti Cinebench R23, CPU-z dan lain lain.

Sama seperti dengan prosesor Intel, pastikan agar suhu tidak melebihi 80 derajat Celcius atau kamu harus upgrade Cooler yang ada.

Cara Aman Overclock CPU bagi Pemula
AMD CPU Tuning

Hal pertama yang perlu dilakukan bagi pemula adalah dengan mengganti kontrol dari “Control Mode” ke “Manual”. Hal ini berfungsi untuk memberikan akses kepada kamu untuk mengatur Clock Speed dan Voltage untuk Overclock.

Baiknya kamu atur Clock Speed pada nilan 50 MHz. Jika sudah, kamu bisa pilih opsi “Apply & Test” terlebih dahulu agar proses pengetesan bisa berjalan.

Cara Aman Overclock CPU bagi Pemula
AMD Ryzen Master Tools

Kamu juga bisa meningkatkan Voltase CPU agar meningkatkan stabilitas pada proses Overclock. Namun kamu perlu berhati hati, semakin tinggi voltase berarti semakin meningkat pula temperatur CPU.

Jika sudah, kamu bisa melakukan benchmarks selama 30 – 60 menit untuk memastikan bahwa CPU berjalan dengan stabil dan temperatur yang dihasilkan juga masih dalam batas wajar.

Cek  Cara Rename Foto di iPhone dan iPad Terlengkap

Akhir Kata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, melakukan Overclock pada CPU berarti memberikan beban kerja yang lebih banyak pada CPU dengan hasil Performa PC atau laptop meningkat secara signifikan.

Oleh karena itu, lakukanlah Overclock dengan bijak agar beban kerja CPU juga masih dalam batas normal sehingga tidak menambah resiko kerusakan pada CPU dikemudian hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.