8 Cara Mengatasi iPhone Lemot Paling Ampuh

Cara Mengatasi iPhone Lemot – Seiring berjalannya waktu, iPhone yang kini kamu pegang akan menjadi ketinggalan jaman. Artinya, akan semakin banyak file yang disimpan dan digunakan di dalam iPhone.

Dengan begitu, performa iPhone akan semakin berat dan bisa saja mengalami penurunan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan iPhone mulai lemot dan sangat berbeda ketika awal kamu menggunakan iPhone milikmu.

ada 8 cara mengatasi iPhone lemot yang bisa kamu gunakan agar performa iPhone menjadi lebih baik dan sedikit meningkatkan performa meski tidak sebaik ketika kamu dulu membeli iPhone pertama kali.

8 Cara Mengatasi iPhone Lemot Paling Ampuh

Cara mengatasi iphone lemot paling ampuh

Semakin banyak aplikasi dan game yang di install di dalam iPhone entah itu foto, musik atau file lainnya akan menambah beban kerja iPhone. Sebagai hasilnya, beberapa aplikasi akan menutup sendiri atau bahkan sudah tidak bisa dibuka lagi.

Ikuti langkah berikut ini agar kinerja iPhone kembali membaik dan tidak lemot lagi.

Tutup Aplikasi Tak Terpakai

Cara mengatasi iPhone lemot terbaru yang bisa kamu lakukan adalah dengan menutup aplikasi yang tidak kamu akses. Sebagai contoh, jika kamu selesai bermain game, maka langsung tutup aplikasi game tersebut.

Kamu langsung bisa menghapus aplikasi game tersebut agar tidak terus terbuka di background. Hal ini bisa membuat kinerja iPhone kamu menjadi lebih baik lagi.

Cek  4 Cara Melacak iPhone Yang Hilang, Bisa Dengan Android

Bersihkan RAM

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi iPhone yang lemot adalah dengan membersihkan internal memori iPhone milik kamu. Lakukan pembersihan ini secara berkala.

Kamu bisa membersihkan seminggu sekali atau sebulan sekali guna menghapus file file sampah yang ada di iPhone kamu.

Selain file file sampah, kamu bisa menghapus beberapa file yang mungkin sudah kamu backup di cloud atau komputer milik kamu.

Contohnya adalah kamu bisa menghapus file foto di galeri milik kamu. Namun jika file galeri kamu penting, kamu bisa mengunci galeri iPhone kamu agar tidak bisa diakses orang.

Cara mengatasi iphone lemot paling ampuh

Bersihkan Aplikasi Browsing

Cara mengatasi iPhone lemot terbaru yang ketiga adalah dengan membersihkan aplikasi browsing terpopuler yang ada di iPhone milik kamu.

Sesekali cobalah untuk mengecek browser milik kamu, misalkan safari, Google Chrome ataupun Mozilla Firefox, karena biasanya akan ada banyak sekali file cache yang tersimpan di browser kamu.

File cache sendiri adalah sebuah file sampah yang tersimpan di dalam aplikasi browsing kamu. Memang file cache bisa membuka sebuah situs menjadi lebih cepat namun juga membebani kinerja iPhone kamu.

Kamu juga bisa menghapus searching history milik kamu agar semakin meningkatkan kinerja iPhone kamu.

  • Buka titik tiga yang ada di pojok kanan atas aplikasi browsing milik kamu.
  • Kemudian scroll dan pilih opsi bagian Privacy and Security / Privasi dan Keamanan.
  • Jika sudah, kamu bisa pilih opsi Clear Browsing Data.
  • Akan muncul pilihan Basic dan Advance. Pilih opsi Basic.
  • Pilih seluruh opsi mulai dari Browsing History, Cookies and Site Data, Cached Images and Files. 
  • Pilih rentang waktu yang kamu inginkan.
  • Pilih opsi Clear Data. 
Cek  Cara Kunci Galeri di iPhone Terbaru

Matikan Fitur Auto Update

Aplikasi atau game yang sudah kamu install akan mendapatkan pembaharuan di setiap rentang waktu tertentu. Biasanya aplikasi tersebut akan melakukan auto update disetiap waktu tertentu.

Karena hal tersebut, kamu perlu mematikan fitur auto update yang sudah disediakan. Dengan mematikan auto update, kamu akan menghemat banyak ruang sehingga kinerja iPhone tidak menjadi lemot.

Ruang yang tersedia tersebut akan bisa dioptimalkan untuk aplikasi serta kebutuhan lainnya seperti update iOS 15.5 

Matikan Fitur Background App Refresh

Fitur auto refresh aplikasi di background sudah secara default terinstall dan tersedia. Dengan begini, aplikasi yang berjalan secara langsung akan terus melakukanr efresh meskipun sedang tidak digunakan.

Hal ini memang memiliki maksud dan tujuan yang baik agar informasi yang diterima oleh pengguna merupakan informasi terbaru. Namun, hal ini cukup mempengaruhi kinerja iPhone milik kamu.

Hapus Pesan Dengan File Yang Berukuran Besar

Cara mengatasi iPhone lemot selanjutnya adalah dengan menghapus pesan yang berisikan file yang berukuran besar. Pesan tersebut biasanya ada di aplikasi Chatting seperti Whatsapp dan lain lain.

File tersebut dapat berupa stiker, foto, video, suara atau Voice Note dan lain sebagainya. File tersebut bahkan bisa menggunakan ruang hingga beberapa Gb.

Cek  Ini Dia Cara Cek iPhone Ori Terlengkap

Kamu mungkin tidak sadar bahwa sudah menyimpan pesan Whatsapp selama berbulan bulan sehingga membuat aplikasi Whatsapp menggunakan ruang yang banyak. Oleh karena itu, kamu harus melakukan pemeriksaan berkala kepada aplikasi.

Kurangi Motion

Motion memang menjadi satu hal yang turut mempercantik tampilan iPhone dengan animasi yang lucu dan eye-catching. Namun jika iPhone kamu mulai terasa lemot, maka alangkah baiknya jika kamu menonaktifkan fitur ini.

Motion sendiri sebenarnya berfungsi untuk memberikan efek animasi pada setiap kamu melakukan perpindahan antar aplikasi. Selain menambah beban kinerja pada iPhone, motion juga cukup menguras daya iPhone milik kamu.

Untuk menonaktifkan fitur ini, kamu bsia mengikuti langkahnya sebagai berikut.

  • Buka Setting.
  • Pilih opsi Accessibility.
  • Pilih opsi Motion.
  • Geser slider ke arah kanan pada toggle Reduce Motion guna mengaktifkan fitur tersebut.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga, Memory Boost

Cara mengatasi iPhone lemot yang terakhir adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga dimana aplikasi ini bisa kamu dapatkan di AppStore.

Secara garis besar, aplikasi memory boost di AppStore akan membersihkan ram iPhone agar mengurangi file cache. Selain itu, aplikasi ini juga akan menormalkan kinerja iPhone.

Akhir Kata

8 Cara mengatasi iPhone yang lemot ini patut untuk dicoba agar performa iPhone kamu menjadi lebih baik. Biasanya yang menyebabkan iPhone lemot adalah karena banyaknya file file yang tidak digunakan alias file cache.

Dengan mengatasi file cache tersebut, beban kerja iPhone menjadi lebih ringan serta bisa memberikan ruang yang lebih banyak pada aplikasi yang lebih digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.