Tips Membeli Komputer Refurbished

Komputer saat ini umumnya lebih murah daripada model yang dijual beberapa tahun yang lalu, tetapi mereka masih merupakan investasi besar. Komputer baru berkualitas tinggi dapat berharga belasan hingga puluhan juta tergantung pada fitur-fiturnya. Jelas, ini adalah pembelian yang layak mendapatkan perhatian dan pemikiran penuh Anda. Kalau dipikir-pikir, apakah Anda pernah membeli komputer bekas atau rekondisi? Komputer ini dapat menawarkan penghematan biaya yang signifikan tanpa mengorbankan kinerja. Namun, sebelum melihat alternatif ini untuk komputer baru Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Artikel ini memberikan beberapa tips untuk membeli komputer bekas dan rekondisi.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat membeli komputer bekas dan rekondisi adalah mereknya. Ada beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri dalam menjual komputer bekas, tetapi yang terbaik adalah menggunakan nama merek yang memiliki reputasi baik. Ada dua alasan untuk ini. Pertama, Anda dapat memastikan bahwa suku cadang yang digunakan dalam manufaktur berkualitas tinggi. Kedua, Anda juga bisa mendapatkan jenis garansi yang mungkin tidak ditawarkan dealer lain.

Tip berikutnya saat membeli komputer bekas dan rekondisi adalah memastikan Anda memiliki dokumentasi dan lisensi perangkat lunak yang tepat. Seringkali orang mencoba untuk menyamarkan komputer mereka yang dicuri sebagai “bekas”, jadi penting untuk meminta dokumen terlebih dahulu. Jika Anda perlu melakukan semua jenis pemulihan atau pencadangan sistem, Anda harus memiliki perangkat lunak ini.

Penting juga untuk mencoba komputer yang diperbarui sebelum membeli. Kebanyakan dealer terkemuka memungkinkan Anda untuk memeriksa menggunakan komputer Anda untuk waktu yang singkat sebelum Anda membeli. Apa saja hal yang harus Anda cari? Pastikan semua program yang diinstal boot dan bekerja dengan benar. Periksa semua driver grafis, video, dan suara secara menyeluruh dan pastikan aksesori lain (mouse, monitor, keyboard, dll.) berfungsi dengan baik. Terakhir, pastikan semua CD dan disk drive terbuka dan tertutup dengan benar.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat membeli komputer bekas atau rekondisi adalah opsi dukungan. Apakah perusahaan yang ingin Anda beli memiliki staf pendukung yang cukup? Dan apakah waktu itu nyaman bagi Anda sesuai jadwal Anda sendiri? Bisnis yang tidak memberikan dukungan untuk sistem yang mereka pertimbangkan sebaiknya pindah ke opsi lain.

Terakhir, jika Anda berbelanja komputer bekas atau rekondisi secara online, pastikan komputer tersebut aman. Internet dapat menimbulkan banyak risiko, jadi pastikan untuk melindungi privasi Anda di situs mana pun yang ingin Anda gunakan untuk berdagang. Situs yang berkualitas memiliki beberapa jenis layanan kriptografi untuk menjaga kerahasiaan transaksi keuangan Anda.

Kami berharap tips ini akan membantu Anda membuat keputusan belanja yang tepat saat membeli komputer bekas dan rekondisi. Selain tips yang disebutkan dalam artikel ini, dengan akal sehat Anda bisa mendapatkan komputer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.