Terlengkap ! Cara Mengatasi Lag Atau Frame Drop

Cara Mengatasi Lag atau Frame Drop – Mengalami lag atau Frame drop ketika memainkan game merupakan salah satu hal yang menyebalkan. Adanya lag atau frame drop dapat menyebabkan kekalahan pada match. Selain itu, lag atau frame drop dapat membuat anda merasa kurang nyaman sehingga merasa kurang puas dalam bermain game.

Ada berbagai penyebab mengapa perangkat anda mengalami lag atau frame drop ketika bermain game. Salah satunya adalah sistem Android yang kurang update. Maka dari itu, lakukanlah pengecekan rutin agar dapat melakukan update sistem operasi sesegera mungkin. Update dari sistem Android biasanya akan menyisipkan satu update optimisasi performa perangkat sehingga sistem akan menghapus file sampah yang tentu tidak berguna bagi sistem Android.

Cara Mengatasi Lag Atau Frame Drop Ketika Bermain Game

Selain melakukan update sistem operasi, ada banyak cara yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan lag atau frame drop ketika bermain game. Dengan memanfaatkan cara tersebut, perangkat anda akan mengalami peningkatan performa yang pada akhirnya mengurangi lag atau frame drop. Berikut adalah cara mengatasi lag atau frame drop ketika bermain game

Bersihkan Cache

Cara Mengatasi Lag Atau Frame Drop
Bersihkan Cache

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi lag adalah dengan menghapus file cache yang ada di perangkat anda. File cache sendiri adalah file sisa yang sudah tidak memiliki kegunaan di perangkat anda. Pada setiap perangkat, biasanya disertai dengan cleanernya masing masing. Apabila perangkat anda tidak memilikinya, anda dapat mendownload di play store atau app store.

Melakukan Restart Pada Perangkat Anda

Perangkat yang sudah lama tidak di restart pasti akan mengalami penurunan performa secara langsung maupun tidak langsung. Semakin jarang melakukan restart maka akan semakin berat pula kinerja perangkat anda. Itulah alasan mengapa perangkat anda semakin lama semakin mengalami penurunan performa. Ibarat manusia, perangkat juga memerlukan waktu istirahatnya, apalagi penggunaan perangkat secara terus menerus dapat membuat komponen seperti Prosesor dan GPU mengalami overheat yang berimbas pada penurunan performa serta membuat perangkat menjadi cepat rusak.

Setidaknya, sebelum anda menggunakan smartphone untuk bermain game, usahakan melakukan restart terlebih dahulu agar beban kerja smartphone anda tidak terlalu besar. Alangkah baiknya jika anda secara rutin mematikan smartphone anda pada malam hari sebelum anda tidur kemudian mengaktifkannya lagi pada pagi hari ketika anda bangun. Hal ini dijamin akan membuat smartphone anda menjadi lebih tahan lama.

Gunakan Aplikasi Game Booster

Gunakan Aplikasi Game Booster
Selalu Gunakan Aplikasi Game Booster

Game booster adalah aplikasi yang dibuat khusus bagi para gamer. Fungsi dari Game Booster adalah untuk mengoptimalisasi perangkat agar meningkatkan performa. Biasanya yang akan di optimalisasi adalah pemakaian daya, pencahayaan layar, penerimaan notifikasi pop up ataupun penerimaan sinyal.

Ada banyak Game Booster yang dapat anda download di Google Play / Play Store. Pastikan setelah mendownload Game Booster, anda melakukan setting pada Game Booster tersebut sehingga performa perangkat anda sesuai dengan keinginan anda.

Gunakan Jaringan Yang Kuat

Terakhir, untuk mengatasi lag atau frame drop sangat dibutuhkan jaringan internet yang baik. Jaringan internet yang buruk hanya akan membebani perangkat. Hal ini dikarenakan prosesor akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan jaringan internet yang lebih stabil sehingga membuat daya yang digunakan prosesor semakin besar. Penggunaan daya yang besar akan membuat perangkat secara otomatis melakukan penyesuaian dengan cara menurunkan performa.

Selain itu, semakin keras prosesor bekerja maka akan semakin banyak panas yang dihasilkan. Panas ini kemudian akan membuat prosesor menjadi overheat sehingga untuk melakukan pendinginan atau cooling down dibutuhkan penurunan beban kerja prosesor. Hal ini berakibat pada penurunan kinerja dan performa pada perangkat anda sehingga membuat lag atau frame drop.

Meski demikian, masalah overheat pada smartphone sedang coba diselesaikan dengan menggunakan teknologi Liquid Cooling yang memiliki konsep untuk menyebarkan panas ke seluruh bagian smartphone agar overheat setidaknya bisa ditekan seminimal mungkin. Kendati demikian, alangkah baiknya untuk memberikan smartphone sedikit waktu untuk beristirahat agar smartphone tidak cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.