Cara Mudah Mengatasi Masalah di Android

Cara Mudah Mengatasi Masalah di Android – Android merupakan salah satu sistem operasi yang sedang diminati banyak kalangan. Hampir seluruh kalangan baik dari anak kecil sampai orang dewasa menggunakan sistem operasi Android untuk menunjang aktifitas mereka sehari hari.

Namun, dalam sebuah sistem pasti ada beberapa permasalahan yang mungkin muncul. Permasalahan umum yang muncul biasanya adalah tidak bisa instal aplikasi, tidak dapat mengupdate atau memperbarui aplikasi, aplikasi tidak bisa dibuka dan masalah lainnya. Namun anda tidak perlu khawatir, anda dapat melakukan berbagai cara berikut ini untuk mengatas permasalahan tersebut.

Cara Mudah Mengatasi Masalah Tidak bisa Instal Aplikasi di Android

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah di Android seperti tidak bisa menginstal aplikasi, tidak bisa update aplikasi atau aplikasi tersebut memiliki file yang corrupted sehingga tidak bisa dibuka. Cara cara berikut ini dapat dengan mudah mengatasi masalah aplikasi pada Android milik anda.

Update Aplikasi Google Play Store

Apabila anda mengalami masalah berupa tidak bisa menginstal aplikasi di Google Play Store, maka dapat dipastikan bahwa ada masalah pada Google Play Store. Hal yang pertama dapat anda lakukan adalah dengan melakukan update Google Play Store di perangkat anda.

  • Buka Setting pada perangkat anda
Cara Mudah Mengatasi Masalah Aplikasi Pada Android
Pilih Setting
Cara Mudah Mengatasi Masalah Aplikasi Pada Android
Scroll ke bawah untuk mencari Apps
  • Cari pengaturan Apps
Cara Mudah Mengatasi Masalah Aplikasi Pada Android
Pilih Apps
  • Jika sudah, pilih Manage Apps
Cara Mudah Mengatasi Masalah Aplikasi Pada Android
Pilih Manage Apps
  • Cari Google Play Store, gunakan fitur pencarian agar lebih mudah
Cara Mudah Mengatasi Masalah Aplikasi Pada Android
Cari Google Play Store, Kemudian Update
  • Kemudian update

Hapus Cache

Sebelum melakukan instal aplikasi di Google Play Store, anda dapat menghapus cache pada perangkat anda terlebih dahulu. Dengan menghapus Cache, anda sudah memberikan ruang lebih bagi perangkat anda. Fungsi lain dari menghapus cache juga untuk me”refresh” perangkat anda agar kondisinya menjadi lebih optimal serta membuang file sampah yang tidak berguna bagi perangkat anda. Dengan begini, anda telah meminimalisir masalah tidak bisa instal aplikasi di perangkat anda.

Reboot Ulang Perangkat Anda

Jika anda sudah melakukan kedua cara di atas namun masih mengalami masalah yang sama, maka solusi selanjutnya untuk mengatasi masalah tidak bisa instal aplikasi di Android adalah dengan cara melakukan rebooting ulang perangkat anda. Rebooting adalah sebuah sebutan bagi perangkat untuk memulai ulang. Maksudnya adalah perangkat anda akan melakukan shutting down terlebih dahulu, selanjutnya perangkat akan kembali menyala seperti sebelumnya.

Dengan melakukan rebooting, perangkat anda akan berada pada kondisi optimalnya. Selain itu, rebooting ulang juga berfungsi untuk melakukan pembersihan sehingga file yang tidak berguna akan terhapus. Itulah alasan kenapa perangkat anda akan menjadi lebih segar serta lebih smooth lagi dalam penggunaannya.

Lakukan Factory Reset

Masalah tidak bisa instal atau update aplikasi kemungkinan dapat terjadi dikarenakan ada file yang terhapus, corrupted, atau tidak seharusnya ada di Google Play Store ataupun pada directory file perangkat anda. Oleh karena itu, factory reset dapat menjadi satu solusi alternatif bagi anda untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan melakukan factory reset maka perangkat anda akan berada pada kondisi dimana perangkat tersebut anda beli pertama kali.

Mudahnya, perangkat anda menyusun ulang file file yang mungkin menjadi berantakan akibat pemakaian, instal aplikasi, ataupun secara tidak sengaja anda rubah ketika anda sedang menggunakan perangkat anda. Pilihan Factory reset ada pada settingan atau pengaturan perangkat anda dan biasanya berada pada bagian atas atau bawah dari pengaturan.

Cek Spesifikasi Perangkat Anda

Hal terakhir yang dapat anda lakukan apabila berbagai cara mudah diatas sudah anda lakukan namun tidak juga berhasil adalah lakukan pengecekan spesifikasi pada perangkat anda. Setiap aplikasi yang ada di Google Play Store memiliki minimum requirements atau spesifikasi minimum agar dapat dimainkan. Sepert contoh aplikasi game Mobile Legends yang memiliki spesifikasi minimum sebagai berikut

  • RAM minimal 2 GB
  • Storage 300 MB
  • Sistem Operasi 4.0 Ice Cream
  • CPU / Prosesor Intel Quad Core

Apabila spesifikasi perangkat anda tidak memenuh spesifikasi aplikasi tersebut, maka dapat dipastikan bahwa anda tidak bisa instal aplikasi tersebut di perangkat Android anda. Oleh karena itu, mengetahui spesifikasi minimum perangkat dan aplikasi yang ingin anda instal adalah salah satu hal dasar bagi para pengguna Android ataupun PC sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.