Cara Backup Data di WhatsApp

Cara Backup data di Whatsapp – Whatsapp merupakan aplikasi chatting terpopuler saat ini. Fitur yang beragam serta kemudahan dalam penggunaan menjadi point penting mengapa banyak orang menggunakan Whatsapp. Whatsapp juga merupakan salah satu aplikasi chatting gratis sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Ketika menggunakan Whatsapp, ada baiknya bagi anda untuk selalu melakukan Backup data anda. Backup data sendiri merupakan hal penting yang kadang dilupakan banyak orang. Dengan melakukan hal ini, maka anda meminimalisir resiko kehilangan data penting yang berguna bagi anda.

Whatsapp sendiri menyediakan fitur backup data yang bisa anda manfaatkan, anda juga bisa mengatur seberapa sering anda ingin melakukan backup serta apakah anda ingin melakukan backup data secara manual atau otomatis. Selain itu, melakukan backup data juga memberikan beberapa manfaat bagi anda.

Manfaat Melakukan Backup Data

Backup sendiri merupakan proses duplikasi atau menyalin data (dapat berupa file, foto, video dan lain lain) dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Perangkat tersebut dapat berupa flashdisk, hardisk eksternal ataupun dapat berupa media penyimpanan online.

Backup memiliki fungsi dan manfaat yaitu untuk mengembalikan data apabila data tersebut hilang, bisa karena terhapus ataupun karena corrupted akibat virus. Backup juga berfungsi untuk mengembalikan data ke penyimpanan terakhir atau tertentu. Dengan begitu, melakukan backup memungkinkan anda untuk tetap dapat mengakses data yang anda butuhkan kapanpun dan dimanapun dengan sangat mudah.

Intinya, melakukan backup adalah untuk membuat cadangan dari data data anda yang hilang akibat rusak atau tidak bisa diakses. Penyebabnya bisa terjadi karena berbagai faktor seperti kesalahan pemakaian, perangkat yang rusak ataupun perangkat terserang malware atau virus.

Cara Mudah Backup Data di Whatsapp

Untuk melakukan backup data di Whatsapp sangatlah mudah. Anda tidak memerlukan aplikasi ketiga atau semacamnya, anda hanya membutuhkan koneksi internet yang baik agar proses backup tidak memakan banyak waktu apalagi jika anda tidak pernah melakukan backup data sebelumnya.

Buka Aplikasi WhatsApp anda

Cara Back Up Data di WA
Buka Aplikasi WhatsApp anda

Langkah pertama dalam melakukan backup data di Whatsapp anda adalah dengan cara membuka Aplikasi WhatsApp milik anda.

Masuk Ke Bagian Setting

Cara Back Up Data di WA
Pilih Setting

Jika sudah terbuka, maka anda dapat memilih titik tiga dipojok kanan atas. Kemudian anda dapat memilih bagian Settings untuk melakukan backup data di WhatsApp anda.

Pilih Chats

Cara Back Up Data di WA
Pilih Chats

Pada bagian Settings, anda dapat memilih menu Chats yang berada di bawah pilihan Account. Di bagian inilah nanti anda dapat melakukan backup di WhatsApp anda.

Pilih Chat Backup

Cara Back Up Data di WA
Pilih Chat Backup

Langkah selanjutnya dalam melakukan backup di WhatsApp adalah dengan memilih opsi Chat backup

Ketuk Backup

Cara Back Up Data di WA
Pilih backup

Ketuk bagian backup agar Whatsapp anda segera melakukan backup.

  • Ketuk bagian Backup to Google Drive untuk mengatur interval backup, bisa harian, mingguan atau bulanan. Anda juga dapat mengatur apakah proses ini berjalan secara otomatis atau manual. Dengan memilih opsi “Only When I hit ‘backup'”, maka proses backup menjadi manual.
  • Pastikan Google Accounts yang dipilih untuk backup adalah email aktif serta utama anda. Karena proses pengembalian data memerlukan email yang sama dengan yang tercantum di bagian Google Accounts.
  • Back up over merupakan opsi dimana anda dapat memilih apakah anda ingin melakukan backup pada saat terdapat Wifi ataupun data selular.
  • Anda juga dapat mencadangkan data berbentuk Video dengan mengaktifkan opsi Include Videos. Biasanya proses ini akan memakan waktu yang lebih lama tergantung seberapa banyak video yang ada di WhatsApp anda.

Tunggu Hingga Proses Selesai

Cara Back Up Data di WA
Sedang Melakukan Proses Back Up data

Setelah semua selesai, maka WhatsAppa langsung melakukan proses backup data. Proses ini dapat memakan waktu cukup lama tergantung seberapa banyak data anda yang ada di dalam Whatsapp, seberapa sering anda melakukan backup data serta seberapa baik koneksi anda. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan melakukan backup data di Whatsapp ketika anda memiliki koneksi yang baik agar tidak memakan banyak waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.